Beranda

sakit hepatitis A :

sekedar cerita buat pengalaman yang lain, awal pertama sakit tuh minggu 30desember2018 (hari ke1) pagi2 tiba2 perut sakiiit banget seperti diplintir2 perutnya trus diare, muntah2,kepala kliyengan seharian cuman bisa minum teh anget dan kentang dipake tidurr ajalah… (hari ke2) bangun tidur eh badan sdh enakan, berhubung libur tahun baru ya udah dipake jalan2 aja ke kuningan…alhamdulillah sehat….(hari ke 12) masih bisa temenin Farah kontrol kandungan…(hari ke 14), sabtu 12jan2019 kok badan demam ya, tapi masih bisa ngajar sampe sore, dipaksain sih, malem makan malam sama Farah dan Idho di Bassura, (hari ke15) minggu 13jan2019 dipake olahraga ke cfd, agak ngos2an sih sampe rmh tepar deh….malemnya makan bakso di kalimalang sebelahnya tiki, lumayan sih…enak panas2 tapi gak abis deh…(hari ke16) senin 14jan2019 punggungku kok pegel2, badan gak fit, ga enak banget ya, trus ke rs, dikasih obat nyeri 2 macem dan vitamin….ya lumayan enaklah meski perut kok sebah2 terus ya, punggung jg masih pegel sampai (hari ke20) jumat 18Jan2019 masih lumayan sehat dan sukses ikut presentasi di semnasristek 2019 di Unindra sampai sore, pulang naik gojek motor, sampe rmh kok badan meriang lg ya, (hari ke21) sabtu 19Jan2019 masih kuat ngajar meski cuman separo, yang separo lg aku ijin trus plg siang…tidur..malemnya nemenin suami kondangan di Islamic center Bekasi, aku duduk aja sih di pesta, makan cuman puding aja, eh sampe rumah muntah2 terus istirahat aja tidur, (hari ke22) minggu 20Jan2019 sore ke rs, test darah rutin dan urine katanya hanya sakit ISK infeksi saluran kemih….tapi kenapa badan sakitnya ga karu2an, ga nafsu makan, punggung makin pegel, perut mual, badan juga gatal-gatal, 3 hari gak bisa ke kampus (hari ke 23-25) 21,22,23Jan2019 badan lemes, perut mual, muntah terus….ga mungkin ini cuman sakit ISK, aku sring kumat ISKnya tapi gak begini rasanya…tapi aku ga bisa ngeluh terus….jelas2 test darahnya cuman ISK, aku harus berjuang buat sehat, aku coba kerokan dan massage punggung….aduh sakiitttt dikerok aku tahan sih moga2 habis ini enakan, obat antibiotik harus habis jangan sampe kluar lagi lewat muntah….makan sedikit2 asal ga muntah, (hari ke26-28) 24-26Jan2019 aku bisa kerja lagi, nafsu makan juga sudah enak, tapi kata temen kok mataku kuning ya…..waduh stress aku masak sakit kuning sih…sore pulang bilang ke suami katanya gak kuning kok gakpapa…..yaudah sabar….aku gak boleh ngeluh harus sehat, minggu 27Jan2019 bersih2 rumah di Jonggol meski aku lebih banyak tiduran disana, rasanya badan kok lemes ya, makan juga sedikit itu jg kupaksain asal gak sampe muntah aja, malam dibawain Idho Zupa soup kuhabisin kok, paginya aku ke rs lagi (hari ke30) ke dokter penyakit dalam,karena kalau kubaca gejalanya memang hepatitis yaitu feses warna pucet, urin kuning tua, badan gatal2, mata kuning, badan juga kuning kok kuperhatikan pas mandi memang kuning…..tuh bener kata dokternya aku sakit kuning dan hrs rawat inap……waduh aku sendirian ke rs repot dong kalau urus rawat inap, test darah dulu aja deh….bener test darahnya IgM Anti HAV(hepatitis A) positip, SGOT 239(normal<32) SGPT 715(normal<32), fosfatase alkali 834(normal 98-279), birubin total 24.44(normal<1.0).. aku pulang aja deh janji bedrest di rumah….tapi byk yg nyaranin ke rs lg aja dirawat…aku bingung…kan udah dikasih obat jg..cuman kurang ga ya obatnya? akhirnya (hari ke 31)selasa 29Jan2019 ke rs lagi…bener disuruh rawat, tapi aku maksa dirawat di rumah aja aku janji bedrest dan minum obat rutin, dan makan teratur, untung dibolehin tapi harus rutin 3 hari cek darah lagi dan usg perut buat liat ada pembengkakan kah di hati? (hari ke34) Jum’at 01Febr2019 cek darah lg dan usg perut, hasilnya ada pembengkakan hati ringan, tapi test darah sdh membaik SGOT 159, SGPT 286, bilirubin total 17.28 …..kata dokter masih hrs bedrest…iya dok saya ikutin tetep bedrest meski ga total sih…msh jalan2 di rmh jg krn hrs siapin mkn sendiri, ke kamar mandi jg…dan koreksi tugas2 mahasiswa tapi sambil duduk kok…..besokĀ  (hari ke37) senin 4Febr2019 kontrol lagi dan test darah lagi smoga sudah normal ya Allah……eh ternyata hasil test bilirubin total masih 7.81 masih blm normal, sgot 75, sgpt 176 juga blm normal jadi masih hrs bedrest seminggu lagi, senin 11 Febr 2019 cek darah dan kontrol lagi

 

Iklan